Senin, 17 Oktober 2011

cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifas di BPS wilayah kerja Puskesmas

iklan1
cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifas di BPS wilayah kerja Puskesmas:

Masa nifas adalah masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil, yang lamanya kira-kira 6 minggu. Ibu nifas mempunyai kebutuhan dasar yaitu minum vitamin A, pemberian kapsul vitamin A bagi ibu nifas dapat menaikkah jumlah kandungan vitamin A dalam  ASI. Berdasarkan data Dinkes Metro Januarai 2008, cakupan pemberian vitamin A yang peling rendah adalah di Puskesmas Iring Mulyo yaitu 212 (30,76%) dari 698 sasaran. Dari data prasurvey pada 3 BPS, ternyata hanya 2 BPS yang memberikan vitamin A pada ibu nifas. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifas di BPS wilayah kerja Puskesmas Iring Mulyo Tahun 2008. 
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, subjek penelitiannya yaitu Ibu nifas di BPS wilayah kerja Puskesmas Iring Mulyo. Sedangkan objek penelitiannya adalah pemberian vitamin A. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 93 orang ibu nifas. Alat pengambilan data yang digunakan adalah lembar observasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 BPS di wilayah kerja Puskesmas Iring Mulyo, terdapat 5 BPS (38,5%) yang sama sekali tidak memberikan vitamin A pada ibu nifas, 5 BPS (38,5%) memberikan vitamin A sebanyak 1 kali dan 3 BPS (23%) memberikan vitamin A sebanyak 2 kali. Cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifasnya hanya 43% dari 100% target program. 
Kesimpulan secara umum dapat diketahui bahwa di wilayah kerja Puskesmas Iring Mulyo terdapat 5 BPS (38,5%) yang sama sekali tidak memberikan vitamin A pada ibu nifas, 5 BPS (38,5%) memberikan vitamin A sebanyak 1 kali dan 3 BPS (23%) memberikan vitamin A sebanyak 2 kali. Cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifasnya hanya 43% dari 100% target program.

Kata Kunci :  Pemberian Vitamin A, ibu nifas 

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Tidak ada komentar: